Kegiatan Registrasi dan Klasifikasi Koleksi Baru Museum Musik Indonesia (Sumbangan dari Bapak M Najib Fauzan – Bekasi)

0
44

(Penulis: Ari Yusuf)

Luar biasa. Jumat pagi 26 Februari 2021 telah mendarat 8 buah dus besar berisi sumbangan untuk menambah koleksi MMI. Baru 2 dus yang sempat dibuka. Satu dos berisi kaset, CD dan video tape. Satu dus lainnya berisi radio-tape compo ukuran besar. Bisa untuk memutar pita kaset dan CD.

Pengirimnya adalah Pak M Najib Fauzan yang tinggal di Bekasi. Beliau amat peduli dengan museum dan beberapa kali membantu kegiatan MMI. Sebuah tiket konser Java Jazz juga pernah beliau hibahkan sehingga menambah keanekaragaman koleksi museum. Sebelumnya kami dari pihak Museum Musik Indonesia hendak menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak M.Najib atas sumbangan yang telah diberikan.

Gambar 1: Sumbangan koleksi dari Bapak M Najib Fauzan sebanyak 8 buah dus

Gambar 2: Radio Tape-Compo sumbangan Pak m Najib yang sedang diinspeksi oleh engineer Museum Musik Indonesia

Kemudian selanjutnya para petugas Museum baik dari yang tua sampai yang muda bersama-sama melakukan kegiatan pendataan dan pengelompokan sumbangan koleksi baru tersebut. Mereka semua bergotong royong melakukan kegiatan ini dengan senang hati dan gembira.

Gambar 3 dan 4: Gotong royong para petugas Museum yang sedang mendata sumbangan dari Bapak M Najib Fauzan – Bekasi

Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan yaitu : mendata, membersihkan, meregistrasi, mengklasifikasikan dan memutar rekaman tersebut untuk diperiksa kondisinya satu persatu. Langkah ini adalah kegiatan yang selalu kami lakukan bila memperoleh sumbangan koleksi baru sebagai bagian dari kegiatan konservasi koleksi Museum Musik Indonesia (MMI).

Gambar 5: Pak Hengki Herwanto dan Mas Anang Maret sedang mengkelompokan/mengklasifikasikan sumbangan koleksi baru

Gambar 6: Salah satu petugas MMI yaitu Mas Edra sedang memutar CD di mini compo player untuk memeriksa kondisi koleksi tersebut

Demikianlah salah satu rutinitas yang ada di Museum kami. Dan pada kesempatan ini kami Museum Musik Indonesia ingin memberikan kesempatan terbuka kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung kegiatan pelestarian koleksi yang ada di Museum Musik Indonesia. Dengan memberikan donasi minimal “Rp.20.000” saja, anda telah terlibat aktif dalam mendukung kegiatan konservasi dan pelestarian “Harta Karun Musik” yang ada di Museum Musik Indonesia. Koleksi ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum, khususnya pengunjung museum.

Apabila berkenan, Donasi dapat dikirim melalui transfer ke rekening bank

BCA : 011 3244 884 a/n Yayasan Museum Musik Indonesia

Setelah transfer anda dapat konfirmasi via WA ke nomor :
082 110 8242 58 (Ari Yusuf – Admin Museum Musik Indonesia)
Atau konfirmasi di Instagram kami yaitu @museummusikindonesia

Sebagai apresiasi, bila berkenan nama anda akan kami catat sebagai daftar donatur Museum Musik Indonesia. Nama donatur akan kami infokan setiap bulannya di Instagram.

Terima kasih sebelumnya.
Salam hangat,

Museum Musik Indonesia

Gedung Kesenian Gajayana Lantai 2
Jl.Nusakambangan no.19. Kota Malang
Telp : (0341)-3012518

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here