Kegiatan Registrasi dan Klasifikasi Koleksi Baru Museum Musik Indonesia (Sumbangan dari Bapak Rudi Subekti – Tangerang)

0

(Penulis: Ari Yusuf)

Pada hari Kamis, 11 Maret 2021 Museum Musik Indonesia mendapat paket kiriman 3 buah dus besar yang isinya adalah CD/DVD musik untuk disimpan dan didokumentasikan di museum kami. 

Pengirim sumbangan ini adalah Bapak Rudi Subekti – Tangerang (beliau adalah eks Drummer band QRED yang berasal dari Malang). Sekitar 883 kaset dan 508 CD (Total 1391) kiriman dari Rudy Subekti, Drummer Q Red Group. Luar biasa kondisi bagus dan dari musisi2 top kelas dunia. Dominasi musik jazz spt Chick Corea, George Bensin, Casiopea, Sergio Mendez dan masih banyak lagi lainnya. Sumbangan ini terwujud atas dukungan dari Bapak Pongki Pamungkas sebagai Pembina Yayasan Museum Musik Indonesia. Kami sampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka. Dengan sumbangan ini akan semakin menambah jumlah koleksi rekaman musik yang tersimpan dan terdokumentasi di Museum Musik Indonesia

Kemudian selanjutnya para petugas Museum baik dari yang tua sampai yang muda bersama-sama melakukan kegiatan pendataan dan pengelompokan sumbangan koleksi baru tersebut. Mereka semua bergotong royong melakukan kegiatan ini dengan senang hati dan gembira.

Sumbangan tersebut langsung diregistrasi dan dicatat oleh para volunter Museum Musik Indonesia. Tampak Pak Hengki (Ketua Museum) dan dibantu oleh Pak Usman dan Mas Edra (volunteer MMI) tengah melakukan pencatatan, pendataan dan peregistrasian sumbangan baru tersebut. Setelah dihitung total ada sebanyak 193 CD/DVD musik.

Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan yaitu : mendata, membersihkan, meregistrasi, mengklasifikasikan dan memutar rekaman tersebut untuk diperiksa kondisinya satu persatu. Langkah ini adalah kegiatan yang selalu kami lakukan bila memperoleh sumbangan koleksi baru sebagai bagian dari kegiatan konservasi koleksi Museum Musik Indonesia (MMI).

Demikianlah salah satu rutinitas yang ada di Museum kami. Dan pada kesempatan ini kami Museum Musik Indonesia ingin memberikan kesempatan terbuka kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung kegiatan pelestarian koleksi yang ada di Museum Musik Indonesia. Dengan memberikan donasi minimal “Rp.20.000” saja, anda telah terlibat aktif dalam mendukung kegiatan konservasi dan pelestarian “Harta Karun Musik” yang ada di Museum Musik Indonesia. Koleksi ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum, khususnya pengunjung museum.

Apabila berkenan, Donasi dapat dikirim melalui transfer ke rekening bank

BCA : 011 3244 884 a/n Yayasan Museum Musik Indonesia

Setelah transfer anda dapat konfirmasi via WA ke nomor :
082 110 8242 58 (Ari Yusuf – Admin Museum Musik Indonesia)

Sebagai apresiasi, bila berkenan nama anda akan kami catat sebagai daftar donatur Museum Musik Indonesia. Nama donatur akan kami infokan setiap bulannya di IG ini.

Terima kasih sebelumnya.
Salam hangat,

Museum Musik Indonesia
Gedung Kesenian Gajayana Lantai 2
Jl.Nusakambangan no.19. Kota Malang
Telp : (0341)-3012518
Instagram @museummusikindonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here