Apa dan Siapa Orang Malang 2021: R Dirman Sasmokoadi

0

Gambar 1. R Dirman Sasmokoadi, BA

R DIRMAN SASMOKOADI, BA lahir di Sitiarjo Kabupaten Malang, 1 Juni 1910. Wafat di Malang, 24 Januari 1974.Dimakamkan di Pemakaman Kristen Sukun Kota Malang Blok 2 No.9455. Pak Dirman hingga akhir hayatnya menetap di Sukun gang 7 No.2153 Kota Malang.

R Dirman Sasmokoadi adalah penulis Malang Kota Subur yang sangat popular di Malang tahun 1970-an.

R Dirman Sasmokoadi bekerja sebagai Kepala SGB Negeri Mojokerto (sampai tahun 1960), mengajar seni suara di SPGN Malang (1960-1970). Setelah pension beliau lulus Sarjana muda Sastra Inggris dan diserahi mengajar di SD Lab  IKIP Malang sampai wafat.

Pak Dirman banyak menciptakan lagu-lagu gereja antara lain yang dirangkum dalam buku Hosianna. Juga menerjemahkan lagu-lagu dari bahasa Belanda. Untuk lagu nasional : Lihatlah Benderaku, Pesan Ibu, MarsĀ  Yalasenastri (Persatuan Istri Angkatan Laut).

Gambar 2. Pak Dirman bersama siswa-siswi SD Lab IKIP Malang

Pak Dirman memainkan grand piano dan angklung dalam mendidik musik siswa siswi SD Lab IKIP Malang. Kepala Sekolah SD Lab saat itu Ibu DR Supartinah Pakasi, PhD.

Gambar 3. Pak Dirman bersama Istrinya

R Dirman Sasmokoadi menikah dengan R.NGT. Ken Andari Titus ( Lahir di Ngawen, 15 Februari 1918, wafat di di Malang, 25 Februari 1970). Dianugerahi 8 putra putri.

Gambar 4. Pak Dirman bersama jemaat Gereja

R Dirman Sasmokoadi adalah jemaat Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Talun, Malang.

Lagu-lagu karya R Dirman Sasmokoadi terdokumentasi dalam buku Gelora Nada. (Abdul Malik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here