Giant Step dari Slovakia

0

Nama Giant Step di Indonesia muncul tahun 1974 sebagai nama band yang didirikan oleh Benny Soebardja di Bandung. Sembilan tahun kemudian (1983) lahir lagi Giant Step di Slovakia, sebuah negara di Eropa Timur. Yang melahirkan adalah Miroslav Birka, salah satu penyanyi top di negara itu. Giant Step adalah judul dari salah satu albumnya dari 18 album yang sudah dirilisnya.

Album Giant Step karya Miro ini tersimpan di MMI dalam bentuk pita kaset berlabel Hins Collection tanpa informasi kapan tahun edarnya. Nomor serinya tertulis HA 1012. Ada 18 lagu dalam kaset ini yang dilengkapi dengan cetakan lirik-liriknya. Cover kasetnya seperti terlihat dalam gambar sebelah kiri. Sedang gambar kanan adalah cover dalam rekaman berformat piringan hitam.

Slovakia adalah negara pecahan Cekoslovakia. Perpisahan damai itu terjadi pada 1 Januari 1993. Ibukota Slovakia adalah Bratislava dan lagu kebangsaannya berjudul “NAD Tatrou sa Blyska”.

Miro lahir di Bratislava, Cekoslovakia pada tanggal 21 Oktober 1952 dengan nama asli Miroslav Birka. Kariernya mulai dirintis saat usianya 16 tahun sebagai pemain gitar, penyanyi dan penulis lagu musik pop, rock, Folk dan belakangan new wave. Ada 2 band yang sempat dibentuknya, yaitu Modus dan Limit.

Di tahun 1982 Miro menerima penghargaan tahunan Zlaty Slavik sebagai penyanyi pria terbaik di Cekoslovakia. Setelah pemisahan Cekoslovakia ia mengulangi prestasi ini di negara barunya. Lagu-lagunya menempati puncak tangga lagu pada tahun 2002 sampai 2005. (HHW).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here