[Kaset] Kantata Takwa

0

Kantata Takwa adalah sebuah grup band yang terlahir dari proses interaksi ego-ego besar yang berasal dari ruang workshop Setiawan Djody (lebih tepat disebut sebagai “padepokan seni”). Kantaka Takwa sendiri terdiri dari 7 orang personil diantaranya, Iwan Fals, Sawung Jabo, Setiawan Djody, Jockie S, WS Rendra, Donny Fatah dan Innisisri.

Konteks penyebutan ‚Äúpadepokan seni” tentu tak bisa dilepaskan dari latarbelakang para personel Kantata Takwa yang beragam rupa. W.S. Rendra, misalnya,adalah penyair dan dramawan yang besar dengan Bengkel Teater; Sawung Jabo merupakan instrumentalis yang punya reputasi mentereng; Yockie Suryoprayogo, komposer dan arranger jenius yang pernah membidani musik Chrisye hingga God Bless; sementara Iwan Fals adalah musisi yang bisa membakar gairah penonton.

Keempat orang tersebut lantas disatukan oleh Setiawan Djody, pengusaha yang doyan berkecimpung di ranah kesenian.

Ketujuh tokoh ini sepakat untuk membuat kelompok musik yang bicara mengenai masalah sosial, politik, ekonomi dan lainnya, maka lahirlah KANTATA TAKWA.

Album yang terlahir dari grup kantata takwa melalui label Airo Records Productions yang diproduseri oleh Setiawan Djodi berjudul KANTATA TAKWA dan KANTATA SAMSARA, bergenre Pop Rock dan Balada.

23 Juni 1990 merupakan hari bersejarah bagi kantata takwa yang dijuluki sebagai supergrup d Indonesia. Pada tanggal tersebut konser akbar yg diselenggarakan di stadion Gelora Bung Karno diatas panggung seluas 60 x 23 meter dan ditonton oleh ribuan penonton itu telah menjadi konser terbesar dan termegah yang pernah ada di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here