Tamu dari USA

0

Amerika adalah negara yang memimpin industri musik dunia. Setidaknya ini tercermin dari koleksi album rekaman yang ada di MMI. Jumlahnya mendominasi dibanding negara-negara lain. Bahkan jauh di atas Inggris yang pernah melahirkan Beatles dan Rolling Stones. Dari koleksi yang tersimpan di MMI, hanya ada satu negara yang jumlah musisinya dan jumlah album rekamannya bisa mengungguli Amerika, yaitu Republik Indonesia.

Amerika juga tercatat sebagai negara yang terbanyak mengunjungi website MMI setelah Indonesia. Sampai tanggal 8 Juli 2021 tercatat ada 456 tamu. Mereka berkunjung dari 21 negara bagian dengan 3 ranking teratas diduduki Illinois (58), Virginia (27) dan Washington (20). Sedang dari California, negara bagian yang paling banyak melahirkan musisi ada 9 tamu.

Di Illinois dan Virginia ada mitra MMI yaitu Jonathan Zilberg dan Anne Rasmusen. Keduanya peneliti yang pernah berkunjung dan mengumpulkan data dari koleksi MMI.

Illinois pernah melahirkan group Chicago dengan vokalisnya Peter Cetera. Negara Bagian Virginia melahirkan penyanyi terkenal Roberta Flack. Sedang dari Washington ada gitaris kondang Jimi Hendrix almarhum yang lahir di Kota Seattle.

Info saja kalo negara bagian Washington itu beda dengan kota Washington DC, ibukota Amerika. Washington ada di barat sedang Washington DC ada timur. (HHW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here