Menjaga Musik Keroncong

0

Musik dan lagu-lagu keroncong cukup banyak bertebaran di media maya. Bila dikumpulkan, ditata, dikaji, akan bisa menjadi dokumentasi sejarah musik di Indonesia. Sebuah pekerjaan mulia yang butuh waktu, ketelatenan dan pengetahuan yang memadai.

MMI dalam sisa tahun 2021 ini akan melakukan hal yang sejenis. Berangkat dari koleksi museum yang ada, kami akan pilih 100 album keroncong unggulan untuk diangkat dalam sebuah katalog. Nantinya atribut 100 album tadi bisa diakses lewat web MMI. Ada juga versi buku katalog yang akan dicetak terbatas.

Nama-nama yang banyak berkontribusi dalam pengembangan musik keroncong tentu akan jadi menu utama. Ada Gesang, Waldjinah, Bram Atjeh, Krontjong Tugu, George de Fretes, Mus Mulyadi, Endah Laras, Orkes Sinten Remen dll yang data albumnya nanti bisa kita pelajari.

Enam kaset, tiga CD dan empat piringan hitam yang gambarnya kami lampirkan merupakan nominator yang nanti akan dikurasi bersama album-album lainnya sehingga menjadi 100 album keroncong unggulan. (HHW).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here