Mulai dari Banyuwangi

0

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yg terletak di ujung timur Pulau Jawa. Dg luas 5.782 km2, merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa. Lebih luas dari Pulau Bali (5.636 km²). Ada Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk yang menghubungkan Jawa dengan Bali.

Budaya masyarakat Banyuwangi sangat beragam dan meliputi budaya lokal dari suku Jawa, suku Bali, suku Madura, dan suku Melayu. Ada pula pengaruh budaya Eropa.

Beraneka ragam jenis kesenian berkembang di Banyuwangi. Yang tradisi ada angklung, jaranan, gandrung, kuntulan, patrol, wayang Osing, kendang kempul dll. Musik pop dan dangdut juga berkembang. Emilia Contessa dan Neno Warisman adalah 2 penyanyi terkenal yg berasal dari Banyuwangi.

Dari koleksi rekaman di MMI dapat diinformasikan bahwa Banyuwangi merupakan kota/kabupaten yang melahirkan banyak seniman musik. Menduduki peringkat ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang.

Nama-nama seniman musik asal Banyuwangi kami sajikan dalam lampiran. Selanjutnya MMI akan menyusuri jalanan ke arah barat. Ini utk memperkenalkan kearifan lokal termasuk pelakunya di masing-masing kota/kabupaten di Indonesia. Setelah pulau Jawa akan dilanjutkan ke luar Jawa sesuai koleksi yang tersimpan di MMI. (HHW).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here