[Kaset] Candra Darusman – Kekagumanku

0
Nama penyanyi: Candra Darusman
Judul Album: Kekagumanku
Jenis Rekaman: Kaset pita
Tahun Rilis: 1983
Label: Musica, Jakarta
Nomor seri: MSC-7310
Jumlah lagu: 10
Sumbangan: Sugito

Koleksi Museum Musik Indonesia.

Daftar Lagu

Side A

  1. Kekagumanku
  2. Senantiasa
  3. Gadis Pujaan
  4. Geneva
  5. Isabel D

Side B

  1. Makna Nostalgia
  2. Our Moments Of Paradise
  3. Highway to Mexico City
  4. Perkenalan Perdana
  5. Jasa Seorang Teman

CANDRA DARUSMAN (CD) lahir di Bogor, 21 Agustus 1957. Koleksi kaset Candra Darusman di Museum Musik Indonesia berada di rak Jawa Barat, sementara Chaisero dan Karimata berada di rak DKI Jakarta.

Kekagumanku merupakan album solo Candra Darusman.Sejumlah judul lagu di album ini merupakan dokumentasi perjalanan hidupnya, mengikuti tugas orang tuanya, Suryono Darusman sebagai diplomat: Geneva, Mexico City.

Komposisi yang dibawakan Candra Darusman memiliki ciri khas: melodi yang manis dan sentuhan musik latin.Selain memiliki vokal yang bagus, piawai menulis lagu, CD juga mampu memainkan piano dengan baik. Di album ini CD  memainkan:  Yamaha Grand Piano/Fender Rhodes, Prophet-5 /Yamaha Acoustic Guitar; Yamaha G-225 Classic Guitar/Ibanez Electric Guitar; Vibes/ vocals, arrangements

Album Kekagumanku didukung musisi dan penyanyi: Uce Hariono (drums/percussion), Tito (bass, vocal), Embong RH (flute), Tika Bisono (background vokal), Iwang Gumiwang (gon bops congas, LP timbales, percussions).

Tidak semua lagu di album Kekagumanku merupakan karya cipta CD.Sederetan penulis lagu turut menyumbang karya: Harry Sabar, Tito, Emma Madjid, Pancasilawan, Indra Lesmana & Mira Lesmana.

CD seorang yang produktif dalam bermusik. Selain merilis album solo: Indahnya Sepi )Irama tara, 1981), Kekagumanku. “Taste musik” CD dapat kita simak juga dalam album Rinduku (Chica Koeswoyo, Puspita Record, 1983). Chaisero dan Karimata semakin membuktikan kemampuan musikal CD.

Tahun 2018, Demajors dan Signature Musik Indonesia merilis album Detik Waktu, Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman. (Repackage di tahun 2019 dengan menambahkan 2 lagu)

Saya tertarik dengan catatan kecil CD di album ini:

"Para pecinta musik Indonesia. Kini, sekali lagi, kuberusaha untuk mencari siapa diriku. Hasilnya semakin jauh kumelangkah dan semakin dalam kuberpijak, semakin tahu bahwa diriku ini hanyalah salah satu diantara kalian. Marilah kita bersama mencintai apa yang kita ciptakan, miliki dan senangi. Candra Darusman awal 83."

Catatan ini membuktikan bahwa CD seorang yang penuh syukur dan itulah kunci kedamaian hidup.

"Manusia berusaha untuk menggapai/cita dan cintanya/seakan tak berdaya/bila yang diinginkan/melawan kodrat dunia/hasil ajaranNya/jangan diabaikan (segala perintahNya)/Yang senantiasa akan abadi." (Senatiasa)

Akhirul kata, Selamat Merayakan Ulang Tahun ke-64 Bung Candra Darusman. Sehat dan senantiasa berbahagia bersama keluarga.      

Nusakambangan 19, Malang

21 Agustus 2021

(Abdul Malik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here