Mengenal Tamu Negara ke 49: Palestina

0

Palestina adalah tamu negara ke 49 yang berkunjung ke laman MMI. Menyusul kemudian Brazil. Negara ini berada di Timur Tengah dan yang unik, memiliki dua ibukota, yaitu Yerusalem dan Ramallah.

Sebagian besar negara di dunia termasuk negara-negara anggota OKI, Liga Arab, Gerakan Non-Blok, dan ASEAN telah mengakui keberadaan Negara Palestina.

MMI sampai saat ini masih belum memiliki koleksi musik dari negara ini. Namun setidaknya terdapat 2 buah album dari group Gank Pegangsaan berjudul Palestina yang tersimpan di MMI.

Tragedi Gaza rupanya telah mengundang setiap insan untuk bersimpati. Selain Gank Pegangsaan, musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals, juga menciptakan lagu untuk Palestina. Lagu tersebut diciptakannya tahun 2015, namun baru dipublikasikan tahun 2021.

Lewat situs resminya iwanfals.co.id, musisi bernama asli Virgiawan Listanto itu men-share lagunya tersebut

We Shall Overcome

(1) Roger Waters, pemain band Pink Floyd yang peduli dengan Palestina (kiri), (2) dan Group Band Gank Kebangsaan yang pernah menciptakan lagu tentang Palestina

Musisi internasional-pun juga peduli dengan Palestina. Roger Waters, pemain band Pink Floyd dari UK begitu concern dengan isu politik baik di musik dan publik. Ia selalu membuat lagu dengan konsep yang sarat dengan isu perang dan ketidakadilan.

Meski bukan musisi berdarah muslim, namun Roger Waters menunjukkan kepeduliannya dengan apa yang terjadi di Gaza. Dia mempersembahkan lagu We Shall Overcome yang didedikasikan untuk rakyat Palestina.

Liriknya menyampaikan pesan ke penjuru dunia bahwa peperangan ini harus dihentikan. Roger juga berharap bahwa kelak permusuhan ini akan berbuah indah, di mana kedua kubu berjalan berdampingan dan menerobos tembok pemisah. (HHW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here