Ludruk, Warisan Budaya Bangsa

0

Ludruk adalah suatu seni pertunjukan teater tradisional dari Jawa Timur. Pada umumnya mengangkat cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari atau cerita perjuangan. Ciri khasnya selalu diselingi dengan banyolan dan diiringi gamelan sebagai musik.

Ludruk pada era 1960 sampai 1990 banyak digemari oleh masyarakat. Pentasnya dipadati penonton, rekaman kasetnya juga laku keras di pasar, sampai-sampai muncul kaset bajakan. Kini Ludruk mulai tenggelam tergerus perkembangan zaman. Padahal kesenian ini adalah warisan budaya nenek moyang yang memiliki nilai2 kehidupan. Pesan moral banyak disampaikan lewat alur cerita dengan dibumbui dagelan yang mengocok perut.

MMI berikhtiar untuk melestarikan Ludruk dg menyimpan rekaman2 kaset dan piringan hitamnya. Jumlahnya sekitar 100 buah dg kondisi baik. Beberapa ada yg kondisinya perlu perbaikan seperti covernya robek, tanpa cover, pitanya lepas dsb. Upaya menjaga kebersihan dari serangan debu juga dilakukan dengan menyimpannya dalam box karton.

Dalam upaya memperkenalkan Ludruk ke masyarakat, MMI akan mengikuti pameran yg diselenggarakan Museum 10 November di Surabaya pada tgl 25-27 Agustus 2022. Semoga upaya sederhana ini bisa membangunkan kepedulian masyarakat, khususnya pemerintah, untuk melindungi warisan budaya ini agar tidak punah ditelan perkembangan zaman. (HHW).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here