Pendataan Koleksi Piringan Hitam Amerika

0

Tumpukan PH Amerika Serikat sesuai negara bagian

Salah satu tugas museum adalah mengkaji koleksinya. Tiga hari kemarin, 4 tenaga di MMI mencoba mengkaji koleksi piringan hitam (PH) dari musisi-musisi Amerika Serikat. Langkah pertama mendata nama musisi beserta Negara bagian asalnya. Dihitung pula jumlah album masing-masing musisi beserta tahun rilisnya. Setelah 5 hari bekerja, diperoleh data ada 502 buah piringan hitam dengan jumlah musisi sebanyak 295 nama baik perorangan, group atau kelompok. Ada yang punya 1 album dan ada yang sampai puluhan album. Bicara soal PH berarti kita bicara musik yang ada di antara tahun 1960 sampai 1980. Di luar tahun itu memang ada, namun jumlahnya tidak banyak, khususnya yang ada di MMI.

Amerika Serikat memiliki 50 negara bagian. Dari koleksi di MMI, belum kami temukan PH yang artisnya berasal dari 12 Negara Bagian. Yaitu Alaska, Colorado, Delaware, Idaho, Kansas, Maine, Montana, New Hampshire, Vermont, West Virginia, Wisconsin, dan Wyoming. Negara bagian dengan artis terbanyak adalah California dengan 52 nama, disusul New York dengan 44 nama dan Pensylvania dan Texas yang masing-masing ada 18 nama.

Siapa musisi Amerika yang albumnya terbanyak di MMI? Tercatat nama Billy Vaughn (23), Jim Reeves (22), Elvis Presley (10), Andy Williams (8) dan Pat Boone (7). Nama-nama lainnya memiliki 6 piringan hitam atau di bawah itu.

Itulah pendataan awal yang dilakukan MMI. Masih jauh dari lengkap. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here