[Buku Musik] Music For The Millions

0

DNA musik klasik sepertinya ada di tangan bangsa kulit putih. Itu yang tercermin dari buku Music for The Millions tulisan David Ewen yang cetakan kelimanya diterbitkan tahun 1946. Buku yang diberi sub judul The Encyclopedia of Musical Masterpieces setebal 692 halaman ini memuat 182 nama komponis beserta karya-karya masterpiece-nya. Mereka lahir dan berkarya dari abad XV pertengahan sampai awal abad XX. Yang lahir paling awal (tahun 1445) tercatat nama Josquin des Pres yang lahir di wilayah Hainult, perbatasan antara Belgia dan Prancis. Namun menurut Wikipedia, biografi Josquin terus direvisi oleh ilmu pengetahuan modern, dan masih ditemukan beberapa ketidakpastian. Sedangkan nama komponis yang terakhir meninggal adalah Serge Rachmaninoff yang lahir di Russia tahun 1873 dan meninggal di California tahun 1943 dalam usia 70 tahun.

Negara-negara di Eropa memang paling banyak melahirkan komponis. Tiga Negara teratas adalah Prancis (32), Itali (30) dan Jerman (29). Disusul oleh Russia dengan 18 nama. Jumlah yang sama juga dihasilkan oleh Amerika Serikat. Sedang Inggris, yang di pertengahan abad 20 menggegerkan dunia lewat The Beatles, hanya melahirkan 11 orang komponis. Di peringkat berikutnya menyusul Austria, Hongaria, Polandia, Spanyol, dan Cekoslowakia. Di luar Eropa dan USA, hanya ada 3 negara yang masing-masing memiliki satu nama di buku ini, yaitu Brazil, Mesir dan Mexico. Asia, Afrika dan Australia nihil.

Dengan tebal buku 692 halaman dan 182 nama komponis, oleh penulis ada yang hanya ditulis ringkas kurang dari 1 halaman, tapi ada juga yang sampai 33 halaman, yaitu Ludwig van Beethoven. Tampaknya jumlah halaman ini menunjukkan tingkat popularitas sang komponis. Sepuluh nama dengan halaman tulisan terbanyak didominasi oleh komponis-komponis kelahiran Jerman sbb:

  1. Ludwig van Beethoven (Jerman)
  2. Johannes Brahms (Jerman)
  3. Johann Sebastian Bach (Jerman)
  4. Wolfgang Amadeus Mozart (Austria)
  5. Richard Wilhelm Wagner (Jerman)
  6. Franz Peter Schubert (Austria)
  7. Robert Schumann (Jerman)
  8. Franz von Listz (Hungaria)
  9. Richard Strauss (Jerman)
  10. Peter Ilitz Tchaikovsky (Russia)

Buku referensi koleksi MMI ini berasal dari sumbangan sekolah musik Excell di Surabaya yg sudah tidak aktif lagi. Ada 1.000 buku lainnya yg disumbangkan oleh sekolah tersebut. (HHW).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here