Majalah Varia Edisi Perdana Tahun 1958

0
Bendel Majalah Varia edisi perdana tahun 1958.

Majalah Varia Edisi Perdana Tahun 1958
Selintas ini seperti seonggok barang tak berharga. Kumuh, kotor, robek dan berdebu. Seperti itulah kesan dari raga benda ini. Baru kemarin saya sempatkan menengok isi dari benda ini. Ternyata ada aura yang luar biasa. Ini adalah bendel dari majalah Varia No. 1 sampai 22 yang terbit tahun 1958. Umurnya sudah 65 tahun dengan kondisi kertas relatif baik, tak ada bagian yang digerogoti rayap. Memperoleh majalah jadul, apalagi yang nomor perdana, saat ini bukan pekerjaan yang mudah. Cover depan bergambar Dian Anggraini dan Misni Arwaty, dua artis yang populer pada zamannya.
Halaman demi halaman saya buka dan saya temukan antara lain informasi bersejarah tentang film dan musik di Indonesia. Ada biografi S Effendy, Asbon, Syaiful Bahri, Usmar Ismail dll. Juga berbagai produksi film Indonesia berikut bintang-bintangnya. Kumpulan data dan info yang tak akan mudah kita temukan di Google atau Wikimedia dan mesin pencari lainnya.
Dari mana kitab bersejarah ini berasal? Apresiasi se-tinggi-tingginya perlu saya alamatkan pada Mas Wiro Kribo alias Joko Kribo (Jokrib) dari Solo yang telah menghibahkan bendel majalah Varia ini untuk Museum Musik Indonesia . Sebuah harta terpendam yang bila kita poles bisa menjadi permata.
Masih ada dua bendel majalah lagi yang disumbangkan Mas Jokrib, yaitu Majalah Minggu Pagi edisi 1955 yang terbit di Yogyakarta. Saya belum selesai menjelajahi isinya. Yang jelas isi majalah ini telah menjadi salah satu referensi dalam penyusunan Ensiklopedi Musik Keroncong yang disusun sahabat saya di Yogya, Mas Erie Setiawan.
Saya kenal dengan Mas Jokrib tahun 2010, saat diperkenalkan oleh Cak Yas, arema yang tinggal di Klaten. Karena dedikasinya dalam dunia permusikan di negeri ini, kami mengajak Mas Jokrib bergabung di Museum Musik Indonesia sebagai anggota Dewan Pengawas. Terima kasih Mas Wiro, semoga kita bisa menjadikan Museum Musik Indonesia lebih bermanfaat bagi kemajuan musik di negeri ini. (HHW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here