Catatan Kuratorial Pameran Museum Keliling Koleksi Kepresidenan “Alunan Melodi Presiden”

0

Catatan Kuratorial

Alunan, melodi, nada, dan irama dalam musik tidak hanya memancing kita untuk bernyanyi dan menggoyangkan badan. Musik juga menunjukkan ragam kepribadian serta dapat menjadi gambaran untuk menunjukkan suatu kondisi budaya serta semangat zaman dalam sejarah. Hal ini memperlihatkan betapa eratnya musik sebagai produk seni-budaya dengan manusia sebagai makhluk berbudaya dan berakal. Dengan demikian, musik perlu juga diperhatikan sebagai arsip yang dapat mengungkap tabir masa lalu yang terkubur waktu. 

Mendengar kembali berbagai musik kegemaran para pembesar bangsa, kita bukan hanya membuka kembali lembaran sejarah, namun juga dapat mengintip sisi-sisi lain yang seringkali terbingkai formalitas. Oleh karenanya, kita dapat merelasikan diri kita sebagai masyarakat dan melihat secara dekat ­–atau mungkin secara personal– sosok para pemimpin bangsa kita sendiri.

Rentang kala sembilan dekade bukan masa yang singkat, terlebih lagi untuk mengenali para presiden kita secara lebih dekat. Tidak hanya melalui hal-hal yang berkaitan dengan kepemimpinan, beragamnya sosok para pemimpin bangsa kita juga tergambarkan jelas melalui musik. Menilik Presiden Sukarno sang Proklamator, kecintaannya terhadap musik hingga mewujud pada berbagai upaya dalam penentuan pijak jati diri bangsa Indonesia. Melalui Presiden Suharto, kita dapat melihat alat musik tradisional bangsa menjadi memiliki pegangan di tengah pengaruh musik-musik modern. Waktu singkat memimpin bangsa bagi Presiden B.J. Habibie serta Presiden Abdurrahman Wahid membuat masyarakat Indonesia belum sempat mengenal keduanya secara lebih dekat. Namun demikian, kecintaan keduanya terhadap musik sebenarnya sangatlah luas dan beragam. Presiden Megawati, sebagai presiden perempuan pertama membawa keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pemimpin bangsa sebelum maupun sesudahnya . Walau Ia tidak dikenal sebagai penggemar musik, namun kecintaannya pada seni tari yang lekat dengan musik justru menegaskan kecintaannya pada musik. Di sisi lain, Presiden Susilo  Bambang Yudhoyono telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai pemimpin yang produktif berkarya dalam berbagai bidang seni, khususnya musik.

Mendengarkan kembali musik-musik yang mengiringi derap perjalanan hidup ketika memimpin bangsa, sosok para presiden terdahulu jelas dapat menjadi teladan, pengetahuan, maupun inspirasi bagi kita semua. Harapan-harapan tersebut merupakan hal yang ingin diwariskan lewat pameran temporer dengan judul “Alunan Melodi Presiden” ini, tak lain dan tak bukan sebagai estafet budaya kepada anak-cucu bangsa.

Tim Kurator

Ignatius Aditya Adhyatmaka dan Alwin Firdaus Wallidaeny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here