66 Tahun Toto Tewel

0

Gitaris legendaris Indonesia, Emmanuel Herry Hertoto alias Toto Tewel, lahir di Malang, 1 Januari 1958. Telah malang melintang di dunia musik. Mengawali karier sebagai bassis di sebuah grup musik gereja saat sekolah dasar, kemudian berlanjut menjadi gitaris ELPAMAS (Elektrik Payung Mas) sejak 1983 sampai sekarang. Pernah juga menjadi gitaris Swami, Kantata Samsara, Dalbo, yang digawangi sejumlah musisi seperti Iwan Fals dan Sawung Djabo.

Menandai 45 tahun berkarya di dunia musik, Toto Tewel merilis solo album MIBERDHEWEN diproduksi oleh Pelampung Records.Launching album juga diadakan di Museum Musik Indonesia, Kamis, 10 Mei 2018 Pukul 20.00 wib.Malam itu, Toto Tewel juga ditemani Anto Baret, Nova Ruth, Yudi Judaz dan Yoyok Fals. Museum Musik Indonesia full penonton.

Menurut Toto, nama Miberdhewen yang berarti terbang sendiri dalam bahasa Indonesia, diambil karena seluruh lagu dalam album ini digubah seorang diri. “Ini benar-benar album yang saya garap sendiri. Ngisi drum sendiri, gitar sendiri, bass sendiri. Aransemen sendiri,” kata Toto (10/5/2018).

Miberdhewen memang tidak hanya menunjukkan kehebatan Toto sebagai the Best Guitarist versi Festival Rock se-Indonesia yang diselenggarakan Log Zhelebour (1984, 1985 dan 1986), melainkan juga sebagai seorang penggubah lagu yang hebat. Tujuh buah lagu dalam format instrumental di album ini tidak sekadar menampilkan kecepatan, nada-nada melengking, ala lead gitar rock, melainkan juga harmoni di antara instrumen-instrumen musik di dalamnya, begitupun kemolekan khas musik etnik Nusantara dan musik klasik.

Tujuh lagu di album ini, kata Toto, digarap sejak tahun 2006 sampai tahun 2007 dan mengalami mastering ulang empat bulan yang lalu, setelah dirinya tidak lagi menjadi pengisi gitar Iwan Fals. Ia mengaku seluruh lagu tersebut terilhami dari kisah perjalanan kehidupan pribadinya dan kariernya dalam dunia musik selama 45 tahun terakhir.

Terakhir, Toto berharap album ini dapat semakin mewarnai musik Indonesia dan membuat generasi musisi yang lebih muda darinya tidak takut mengeluarkan karya. “Generasi saat ini lebih mudah dapat akses. Lebih mudah belajar. Harusnya lebih mampu memperjuangkan musik Indonesia. Ayo bermusik dengan serius!,” pungkasnya.

Tracklist album Miberdhewen:

1 Kontra (Contradiction) Toto Tewel

2 Macan Lanang (Tiger) Toto Tewel

3 Java Lydian Toto Tewel

4.Macan Wedok (Tigress)

5.Depok 1880 Toto Tewel

6.La Villa Strangiato/Rush Rush

7.YYZ/Rush (Bonus Track)

Mengikuti aktivitas di akun instagramnya @tototewel, aktivitas  bermusik Toto Tewel masih sangat aktivitas. Bukan hanya music rock yang membesarkan namanya, namun juga dunia jazz.Bersama Sweet Swing Noff, Toto Tewel tampil di Ngayogjazz (18/11/2023). Membawakan Summertime karya George Gershwin.Musik telah menyatu dalam tubuh Toto Tewel.

Selamat ulang tahun Sam ‘Otot Lewet’, 1 Januari 2024. Sukses dalam karir, senantiasa sehat dan berbahagia Bersama keluarga. (lik)  

Dok.foto:Johanes Antok

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here