Majalah VARIANADA, Jakarta 1970-1978

0

Story Telling

Majalah VARIANADA, Jakarta 1970-1978

Berukuran 14,5 cm x 21,5 cm dengan tebal 68 halaman, majalah VARIANADA terbit perdana pada tahun 1970 di Jakarta. Membaca Namanya, tampaknya majalah ini ingin memposisikan diri sebagai majalah yang memuat nada-nada musical atau malah mungkin termasuk nada-nada lainnya.Isinya memang tidak sepenuhnya musik. Ada tulisan tentang film, fashion, cerpen dan gaya hidup. Pada tahun-tahun terkahir penerbitannya, ukuran majalah menjadi lebih besar (21,5 cm x 29 cm) dengan beberapa halaman warna dan dengan total 84 halaman.Tahun 1970 majalah dijual dengan harga eceran Rp 65,- dan pada tahun 1979 harganya menjadi Rp 650,-.Barangkali ini bisa menjadi gambaran kasar besarnya Tingkat inflasi di Indonesia.

Surat Keputusan Menteri Penerangan No.0870/Sk/Dir/Pk/SIT/1970 yang dikeluarkan pada tanggal 30 Januari 1970 menjadi landasan terbitnya majalah ini.Sebagai pimpinan diangkat Z Arifin oleh penerbitnya, yaitu Yayasan Nada Pers.Selain itu diangkat juga Soejachman, SJ Ronny, Khaidir Tanjung sebagai  redaksi dan penanggung jawab. Belakangan ada tambahan pembantu khusus di luar negeri, yaitu Drs.Tjipta Lesmana (USA), Ronny W (Jerman Barat), dan Hans N Theys (Nederland).

Bisa bertahan selama 9 tahun adalah sebuah prestasi dari VARIANADA.Interaksi dengan pelanggan dibangun melalui rubrik Varia Nada Youth Club, Kontak Pembaca, menyediakan halaman Sajak, juga teka teki silang serta memuat lirik lagu kiriman pembaca dalam beberapa halaman. Konsistensi juga dibangun dengan selalu menampilkan sosok kaum hawa pada cover depan.Ada penyanyi, Bintang film, peragawati, pemenang kontes ratu kecantikan, penari dan terbanyak adalah foto model yang Namanya kurang dikenal masyarakat.

Dari catatan yang dibuat Museum Musik Indonesia, nama-nama penyanyi yang paling sering dimuat di VARIANADA adalah Anna Mathovani (Bandung), Christine (Solo), Emilia Contessa (Banyuwangi), Ida Rojani (Jakarta), Inneke Kusumatuti (Solo), Lily Junaedhy (Semarang), Laily Dimjathie (Malang), Maya Sopha (Malang), Tetty Kadi (Jakarta), Titiek Sandhora (Brebes) dan Vivi Sumanti (Manado).Itu deretan nama-nama yang barangkali terdengar asing bagi kaum milenial. Nama-nama artis Wanita lainnya adalah Widyawati (Bintang film) dan Hemi Sunarja (ratu kecantikan).Sedang penyanyi pria yang paling sering dimuat adalah Benyamin S.Untuk group/band tercatat Koes Plus, Panbers dan Rollies.

Data tersebut bisa saja bersifat subyektif sesuai selera redaksi dan wartawannya.Namun bila digabung dengan data dari majalah-majalah musik lainnya, tentu akan menjadi lebih obyektif dalam mendokumentasikan Sejarah music pop di Indonesia.

Daftar Isi Majalah VARIANADA: https://museummusikindonesia.id/id/?s=varianada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here